teman berproses

Stoicism

Membuat ruang bahagia ala Stoicism

Apa yang dapat dilakukan oleh filosofi berusia 2.000 tahun untuk membantu kita berkembang di abad ke-21? Stoicisme adalah cara berpikir yang sangat praktis dengan sejumlah teknik yang tidak hanya dapat membantu kita mengatasi, tetapi juga membantu kita berkembang dan tumbuh. Mari kita lihat apakah kita bisa belajar bagaimana hidup seperti Stoic dalam 4 langkah.

Anehnya pendekatan Stoic untuk kehidupan sehari-hari adalah cara yang bagus untuk kepuasan lebih, kebahagiaan dan beberapa orang mungkin mengatakan kehidupan yang lebih terarah. Stoicisme sebagian besar tidak ada dalam kepercayaan atau praktik agama apa pun (Meskipun kepercayaan pada Tuhan ada di Yunani dan Roma).

Apa yang kita kendalikan

Fokus pada apa yang bisa kita kendalikan, perasaan, pikiran, ucapan, dan tindakan kita. Kurangi fokus pada hal-hal eksternal, hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan. Jadilah tentang aksi, bukan reaksi. Ketika dihadapkan dengan situasi, lakukan apa yang benar, lakukan apa yang akan dilakukan pahlawan super. Jadilah berbudi luhur dalam apa yang kita katakan dan apa yang kita lakukan. Jangan salahkan orang lain atas perasaan kita, orang lain akan berperilaku semaunya, kita bisa memilih perilaku dan respon kita sendiri. Ini adalah poin yang bagus untuk menyatakan bahwa Stoicisme bukan tentang menjadi Vulcan yang kebal dari perasaan, Stoicisme sangat banyak tentang menyadari perasaan dan emosi kita dengan cara di mana kita dapat bertindak tidak bereaksi. Sebuah reaksi sering menghasilkan penyesalan!

Singkatnya, kaum Stoa mempromosikan apa yang sekarang kita sebut sebagai Perhatian dan kesadaran untuk bertindak bukan bereaksi. Pemahaman tentang apa yang ada di dalam dan apa yang di luar kendali kita membantu dengan apa yang disebut Stoa sebagai Kebijaksanaan Praktis.

Beberapa contoh hari untuk fokus pada apa yang kita kendalikan bisa sesederhana tidak membiarkan lalu lintas yang buruk merusak hari kita, itu adalah pilihan kita untuk berangkat pada jam sibuk puncak. Apa yang dapat kita kendalikan adalah pengalaman lalu lintas kita, apakah ini kesempatan besar untuk mendengarkan musik favorit kita, podcast, atau melihat toko-toko baru di sekitar kita.

Dalam Stoicisme, istilah Amor Fati mencakup gagasan mencintai nasib kita. Peristiwa terjadi baik dan tidak begitu baik, itu persepsi atau pola pikir kita yang membuat perbedaan. Ini bukan konsep ‘senyum dan telanjang’ atau ‘tersenyum sampai Anda bahagia’. Ini lebih sejalan dengan gagasan ‘apa adanya, apa yang bisa saya lakukan tentangnya’. ‘Apa yang bisa saya lakukan tentang hal itu’ bukanlah pertanyaan itu adalah prompt untuk bertindak. Lelah mobil kotor, bersihkan! Anjing masuk ke kantong sampah lagi, ambil tempat sampah baja! Mitra meninggalkan Anda, nikmati kebebasan untuk memilih film Anda sendiri untuk sementara waktu!

Pilih dan jadilah Filosofi Anda

Pilih nilai dan filosofi Anda sebelum mereka memilih Anda. Kita menjalani hidup dengan nilai-nilai apakah kita secara aktif memilihnya atau tidak. Lebih baik untuk mengetahui dan telah memilih nilai-nilai Anda. Stoa akan menambahkan lebih penting untuk hidup dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai Anda daripada mengkhotbahkannya. Untuk hidup seperti Stoic, pilihlah untuk hidup seperti Stoic. Pahami pola pikir utama dan kerjakan.

Contoh praktisnya adalah tidak menghakimi orang lain secara negatif atas gosip/omong kosong seseorang ketika Anda sendiri melakukan hal yang sama. Bagian dari tantangan di sini adalah untuk memiliki kesadaran ketika Anda tidak hidup dengan nilai-nilai Anda. Dalam menjalani nilai-nilai Anda, pilih jalan yang tinggi, mainkan di atas garis. Tanyakan pada diri sendiri  apa yang akan Superman lakukan ? Stoa akan menyebut ini sebagai berbudi luhur.

Ingat kamu fana

Sangat mudah untuk menganggapnya serius, orang-orang Stoa menyebut Memento mori (ingat bahwa Anda juga akan mati) sebagai konsep yang membebaskan, kematian tidak dapat dihindari dan tidak perlu ditakuti. Sebaliknya kematian adalah alasan untuk hidup sepenuhnya, karena kehidupan akan berakhir. Stoa memiliki meditasi yang agak serius tentang kematian dan pembusukan. Kita dapat mengambil refleksi yang lebih ringan namun sama kuatnya tentang kematian diri kita dan orang lain yang tak terhindarkan dan tidak dapat diprediksi untuk memprioritaskan hidup dan energi kita.

Bekerja keras untuk mobil baru itu daripada melempar bola dengan anak-anak? Punya hobi memasak tapi makan makanan beku? Jika Anda merenungkan orang yang dicintai yang telah meninggal, waktu dan pengalaman yang mereka bagikan kepada kita itulah yang membuat kita tersenyum.

Refleksi Harian

Untuk hidup seperti refleksi harian Stoic sangat bermanfaat untuk tumbuh dan menyadari pola pikir kita. Meditasi oleh Marcus Aurelius  adalah refleksi reguler paling terkenal dari seorang Stoic. Meditasi ditulis oleh Marcus untuk dirinya sendiri dan bukan untuk publikasi, refleksinya adalah wawasan yang bagus tentang cara berpikir Stoic ketika Marcus menavigasi apa yang dilemparkan kehidupan ke jalannya.

Refleksi hanya membutuhkan waktu 5 menit, Anda dapat menuliskan refleksi Anda (disarankan) atau hanya bekerja melalui refleksi Anda dalam pikiran Anda. Refleksi dapat dilakukan pada awal dan akhir hari.

Berbaik hatilah pada diri sendiri, refleksi harus membawa kesadaran, bukan rasa bersalah! Refleksi juga merupakan kesempatan yang baik untuk menangkap apa pun yang Anda khawatirkan atau cemaskan, atau cerita apa pun yang terjadi dalam pikiran Anda. Menyadari bahwa ada sesuatu yang menggerogoti pikiran Anda adalah hasil yang bagus dengan sendirinya.

4 langkah Hidup seperti Stoic

·         Pahami kontrol, apa itu dan apa yang tidak dalam kendali Anda. Kerjakan apa yang ada dalam kendali Anda seperti reaksi, persepsi, dan tindakan Anda

·         Pilih dan hidupkan filosofi Anda. Anda memiliki seperangkat nilai dan pola pikir apakah Anda mengetahuinya atau tidak. Luangkan waktu untuk memilih nilai-nilai dan kehidupan Anda di dalam nilai-nilai itu

·         Ingat, Anda juga akan mati. Kita hidup seolah-olah kita abadi, membuang-buang waktu untuk hal-hal di luar kendali kita. Rangkullah kematian Anda sebagai sesuatu yang membawa energi dan fokus pada hidup Anda·         Refleksi harian. Membawa beberapa kesadaran dan kesadaran sadar untuk hari kita. Auto-pilot adalah pola pikir yang berbahaya bagi manusia. Berbaik hatilah dengan refleksi Anda, kemajuan bukan kesempurnaan

Leave a Comment

Your email address will not be published.